Sejarah Jurusan Teknik Kimia PNUP

Politeknik Negeri Ujung Pandang atau biasa disingkat PNUP adalah sebuah perguruan tinggi negeri vokasi yang terdapat di kota Makassar. Sebelumnya perguruan tinggi ini merupakan bagian dari Universitas Hasanuddin sehingga bernama Politeknik UNHAS yang didirikan pada tahun 1987. Pada tahun akademik 1996/1997, Politeknik UNHAS memisahkan diri dari UNHAS dan berdiri sendiri dengan berganti nama menjadi PNUP. Politeknik memiliki 2 buah kampus, yaitu Kampus I di Perintis Kemerdekaan Km. 10 serta Kampus II di Tamalanrea Raya (BTP).

Politeknik Negeri Ujung Pandang menerima mahasiswa baru melalui 5 jalur yaitu jalur penelusuran minat dan bakat (PMDK), ujian masuk politeknik negeri (UMPN), beasiswa bidik misi, jalur mandiri dan jalur kerjasama PLN. PNUP terdiri dari 6 jurusan yang terbagi atas 22 program studi dan 1 kelas kerjasama yaitu jurusan teknik kimia, teknik sipil, teknik elektro, teknik mesin, akuntansi dan administrasi bisnis.

Jurusan Teknik Kimia merupakan salah satu jurusan yang ada di PNUP dan berdiri pada tahun 1987. Jurusan Teknik Kimia membawahi 3 program studi diantaranya D3 Teknik Kimia, D3 Analisis Kimia dan D4 Teknologi Kimia Industri. Jurusan Teknik Kimia mempunyai visi menjadi pusat pengembangan pendidikan vokasi bidang teknik kimia yang unggul dan mampu bersaing secara global pada tahun 2025. Oleh karena itu untuk mewujudkannya Jurusan Teknik Kimia PNUP dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai diantaranya sarana akademik yang terdiri dari ruang kuliah ber-AC, perpustakaan pusat, perpustakaan jurusan, ruang seminar dan fasilitas olahraga.

Sarana laboratorium di Jurusan Teknik Kimia sudah sangat memadai diantaranya laboratorium komputer, kimia dasar, kimia fisika, kimia organik, analisis intrumen, satuan operasi, pengendalian proses, pilot plant, bio proses, dan laboratorium terpadu. Lulusan Jurusan Teknik Kimia nantinya bisa bekerja sebagai teknisi bidang teknologi industri proses kimia, penyelia lab quality control, supervisor pada industri proses dan process design engineer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *