D3 Teknik Kimia

AKREDITASI “B”

VISI

“Menjadi Program  Studi D3 Teknik Kimia Industri Sebagai Pendidikan Vokasi Yang Mandiri dan Menghasilkan Luaran yang Unggul dan Berakhlak Mulia Unggul  Pada Tahun 2025”.

MISI

  1. Melaksanakan tridharma pendidikan tinggi
  2. Memberdayakan dan mengembangkan potensi sumber daya program studi D3 Teknik Kimia secara berkesinambungan
  3. Meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam bidang teknik kimia
  4. meningkatkan dan mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan sesuai standar mutu yang up to date
  5. Mewujudkan civitas akademika yang berakhlak mulia
  6. Menumbuhkembangkan budaya kewirausahaan

TUJUAN

  1. Menghasilkan Sumber Daya Manusia yang Unggul, Siap Kerja, dan Mandiri untuk Memenuhi Kebutuhan Tenaga Terampil di Bidang Industri Kimia.
  2. Meningkatkan Kegiatan Riset dan Pelatihan untuk Pengembangan IPTEKS dalam Bidang Teknologi Kimia
  3. Menghasilkan Lulusan yang Mempunyai Kemampuan Memberdayakan Masyarakat, Melalui Pengembangan Konsep Pemecahan Masalah dengan Metode Bahan.

PROFIL LULUSAN D3 TEKNIK KIMIA

  1. Teknisi bidang Teknologi Industri Proses Kimia; Ahli Madya yang mampu menerapkan konsep teoretis sains alam, aplikasi matematika rekayasa, prinsip rekayasa (engineering principle) untuk melaksanakan pengendalian, prosedur keselamatan kesehatan kerja dan lingkungan yang diperlukan dalam mengoperasikan sistem pemroses dan peralatan sesuai standar operasional kerja pada satu unit alat industri proses kimia
  2. Penyelia Lab Quality Control; Ahli madya yang mampu melaksanakan analisis kimia kualitatif dan kuantitatif sederhana dan melaksanakan prosedur keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan (K3L) yang diperlukan untuk menentukan konsentrasi sesuai standar ASTM, SNI, SII, AOAC.

KURIKULUM  INTI D3 TEKNIK KIMIA

Kesetimbangan energy balance (level 1 & level 2), Kesetimbangan kimia & fase, aliran fluida, pompa & Kompressor, Neraca Panas dengan dan tanpa reaksi, Kinetika, Konversi dalam beberapa tipe reaktor, Neraca Massa untuk 2 & 3 fase, Material scince. Stokiometri (dengan dan tanpa reaksi, sistem kompleks dengan recycle, dan bypass) dan mampu membuat plant design dasar terkait perhitungan ekonomi, konfigurasi aliran, dan proses kontrol.