D4 Teknologi Kimia Industri

AKREDITASI “B”

VISI

“Menjadi Program  Studi D4 Teknologi Kimia Industri Sebagai Pusat Pendidikan Vokasi Yang Unggul di Indonesia Pada Tahun 2025”.

MISI

  1. Menyelenggarakan Proses Pendidikan Vokasi Diploma 4 Teknologi Kimia Industri, untuk Menghasilkan Lulusan yang Terampil, Berkemampuan Akademik, Berkarakter Yang Takwa Kepada Tuhan Yang  Maha Esa.
  2. Meneyelenggaran dan Mengembangkan Riset dan Action Research dalam Bidang Rekayasa Produk Hayati, Pangan, Lingkungan dan Energi.
  3. Mengembangkan Sumber Daya Manusia, Melalui Kegiatan Pelatihan – Pelatihan di Bidang Pangan, Lingkungan, Mineral dan Energi

TUJUAN

  1. Menghasilkan Sumber Daya Manusia yang Unggul, Siap Kerja, dan Mandiri untuk Memenuhi Kebutuhan Tenaga Terampil di Bidang Industri Kimia.
  2. Meningkatkan Kegiatan Riset dan Pelatihan untuk Pengembangan IPTEKS dalam Bidang Teknologi Kimia
  3. Menghasilkan Lulusan yang Mempunyai Kemampuan Memberdayakan Masyarakat, Melalui Pengembangan Konsep Pemecahan Masalah dengan Metode Bahan.

PROFIL LULUSAN D4/S1 Terapan TEKNOLOGI KIMIA INDUSTRI

  1. Supervisor pada Industri Proses

Sarjana sains terapan yang mampu membuat perencanaan jangka pendek, mengkoordinasi persiapan proses produksi hingga pengendalian dan trouble shooting proses produksi, memilih sumberdaya dan memberi petunjuk dalam memilih alternatif solusi serta melakukan pengawasan rutin terhadap peralatan sesuai standar industri dengan senantiasa menerapkan budaya K3L.

  1. Penyelia Lab. Quality Control

Sarjana sains terapan yang mampu membuat perencanaan kegiatan analisis produksi, melakukan kontrol sesuai standar produksi serta mengkoordinasikan hasil analisis sebagai bahan evaluasi proses produksi dengan mempertimbangkan ekonomi, sosial, dan lingkungan (K3L).

  1. Process Design Engineer

Sarjana sains terapan yang mampu merancang dan menyusun deskripsi proses, diagram alir proses, mengevaluasi neraca massa dan energi. Menguasai rancangan dasar sistem khususnya bejana bertekanan dan alat penukar panas serta melakukan penaksiran biaya dan analisis ekonomi.

KURIKULUM  INTI D4/S1 Terapan TEKNOLOGI KIMIA INDUSTRI

Kesetimbangan energy balance (Up level), Kesetimbangan kimia & fase, aliran fluida, pompa & Kompressor, Neraca Panas dengan dan tanpa reaksi, Kinetika, Konversi dalam beberapa tipe reaktor, Neraca Massa untuk berbagai fase, Material scince. Stokiometri (dengan dan tanpa reaksi, sistem kompleks dengan recycle, dan bypass). Mampu membuat plant design terkait perhitungan ekonomi, konfigurasi aliran, dan proses kontrol serta deskripsinya.